SYARAT & KETENTUAN LAYANAN
1. Biaya Kirim Final
- Link Cargo Express berkomitmen untuk memberikan biaya pengiriman yang sudah final/nett kepada pelanggan sebelum transaksi dikonfirmasi.
- Biaya kirim final termasuk semua biaya yang dibutuhkan untuk mengirimkan barang sampai ke alamat penerima.
- Tidak ada penambahan biaya tersembunyi setelah transaksi dikonfirmasi, kecuali jika ada permintaan tambahan dari pelanggan yang memengaruhi biaya pengiriman.
2.Estimasi Waktu Pengiriman
- Estimasi waktu pengiriman terhitung sejak barang di terima kantor Link Cargo Express.
- Estimasi waktu pengiriman bisa berubah berdasarkan rute pengiriman, jenis layanan, dan faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi durasi pengiriman (ada pemberitahuan lebih lanjut).
- Link Cargo Express akan berusaha sebaik mungkin untuk memenuhi estimasi waktu pengiriman, berdasarkan track record rute pengiriman dan operasional yang sudah ada, namun estimasi tersebut hanya bersifat perkiraan dan tidak dapat dijamin 100%.
3.Jaminan Keamanan Barang
- Link Cargo Express akan menjaga keamanan barang yang dikirim oleh pelanggan selama proses pengiriman.
- Link Cargo Express akan mengambil langkah-langkah yang sesuai SOP untuk melindungi barang dari kerusakan atau kehilangan selama dalam proses pengiriman.
- Link Cargo Express akan menempatkan barang-barang pelanggan di area yang diawasi oleh cctv dan di awasi oleh staff yang berpengalaman.
4. Kondisi SLA
- Service Level Agreement (SLA) durasi pengiriman yang berlaku adalah sesuai dengan info yang dibagikan, dipublish atau dipromosikan di jaringan resmi milik Link Cargo Express.
- Kondisi Service Level Agreement (SLA) berlaku untuk layanan pengiriman barang. Anda akan mendapat kompensasi berupa saldo yang akan dikreditkan ke akun My Link sebagai berikut:
Level | Status | Kompensasi |
---|---|---|
84% | Terlambat +1 hari | 10% dari tarif |
71% | Terlambat +2 hari | 15% dari tarif |
5. Layanan Packing Barang Bebas Biaya
- Pelanggan akan mendapatkan layanan pengemasan standar pengiriman tanpa biaya, material pengemasan dan metode pengemasan mengikuti SOP Link Cargo Express
- Permintaan packing khusus seperti kayu palet, peti kayu, atau packing heavy duty akan dikenakan biaya sesuai dengan tarif yang ada.
6. Layanan Pickup Barang Bebas Biaya
- Pelanggan bisa menikmati fasilitas penjemputan barang di alamat Batam tanpa di kenakan biaya dengan cara Request Pickup Barang di masing-masing halaman tarif kota tujuan pengiriman.
- Permintaan pickup sebelum jam 12 siang akan di proses pengiriman di hari yang sama.
- Permintaan pickup yang dilakukan setelah jam 12 siang akan diproses kirim di hari selanjutnya.
- Barang yang sudah di pickup namun batal dikirim akan dikenakan biaya operasional pickup Rp. 150,000/resi.
- Barang yang sudah di pickup namun batal dikirim, wajib direturn atau dijemput ke kantor Link Cargo Express maksimal 3 hari dari pembatalan.
- Kehilangan & kerusakan barang yang tidak diambil sejak pembatalan tidak menjadi tanggung jawab Link Cargo Express.
7. Tarif Spesial Link Member
- Pelanggan yang sudah mendaftar member di website LinkCargo.co.id sebagai member akan mendapatkan diskon tarif 5% setiap pengiriman kemana saja dan berlaku seumur hidup.
- Link Member akan mendapatkan prioritas dari setiap promo yang ada di Link Cargo Express.
8.Pembayaran
- Pelanggan akan diberikan pilihan untuk pembayaran melalui berbagai metode, seperti transfer bank, kartu kredit, atau metode pembayaran lain yang tersedia.
- Pembayaran harus dilakukan sesuai dengan instruksi pembayaran yang diberikan oleh Link Cargo Express.
- Jika pelanggan ingin membatalkan atau mengubah pesanan, ada kebijakan pembatalan dan perubahan yang mungkin melibatkan biaya tambahan. Kebijakan ini akan diinformasikan kepada pelanggan sebelum transaksi.
9. Kepatuhan Pada Hukum
- Link Cargo Express berhak tetapi tidak berkewajiban untuk memeriksa barang atau dokumen yang dikirim oleh pelanggan untuk memastikan bahwa pengiriman paket atau barang benar telah memenuhi syarat pengiriman ke alamat tujuan sesuai dengan SOP operasional cargo.
- Pelanggan dilarang keras untuk mengirimkan barang-barang yang dilarang oleh hukum di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
- Segala kendala pengiriman, kerugian hingga kehilangan barang akibat dari isi paket / barang yang tidak sesuai pengakuan pengirim tidak menjadi tanggung jawab Link Cargo Express.
10. Jaminan Penggantian Kehilangan & Kerusakan Barang
- Setiap pengiriman barang dipungut biaya proteksi dasar kerusakan dan kehilangan senilai Rp. 5,000/resi.
- Jika barang yang di proteksi mengalami kerusakan atau kehilangan, Link Cargo Express akan mengganti 500x lipat atau maksimal Rp 2,500,000,-/resi.
- Nilai penggantian akan mengikuti harga barang sesuai jenis dan tipe yang ada dipasaran, sesuai dengan kondisi barang baru atau bekas.
- Proses klaim kehilangan barang akan diselesaikan dalam waktu 1-7 hari kerja sejak tanggal klaim dibuat.
- Tim internal Link Cargo Express akan melakukan investigasi setiap klaim kehilangan berdasarkan data-data yang diberikan oleh pengirim dan data yang ada di operasional Link Cargo Express.
- Link Cargo Express tidak bertanggung jawab jika barang rusak/hilang di dalam kemasan paket yang masih tertutup rapat/packing utuh.
- Link Cargo Express tidak bertanggung jawab atas fungsi dan kondisi dari barang yang ada di dalam kemasan pengiriman.
- Link Cargo Express tidak dapat memproses / menerima klaim kehilangan atau kerusakan barang tanpa dokumentasi video & foto saat barang diterima ditujuan.
- Pengajuan kendala kerusakan dan kehilangan barang dapat diterima maksimal 3 hari sejak barang sampai di alamat/diterima/terkirim ke alamat.
11. Asuransi Penggantian Barang 100%
- Pelanggan yang menambahkan asuransi dengan biaya 1% x Nilai Barang akan mendapatkan penggantian senilai harga barang yang di asuransikan.
- Tanggungan asuransi mencakup jaminan 100% jika terjadi kecelakaan armada pengangkut barang, kerusakan barang diperjalanan, dan kehilangan barang selama dalam pengiriman.
- Tanggungan asuransi tidak termasuk untuk kondisi berikut : bencana alam, musibah,kelalaian/kekeliruan pelanggan dalam memberikan data barang yang diasuransikan & force majeure.
- Pengajuan klaim wajib melampirkan faktur / invoice pembelian barang (terlampir no seri/tipe/model/no identifikasi barang)
- Pengajuan klaim wajib melampirkan dokumentasi video & foto kerusakan barang.
- Proses klaim asuransi diselesaikan dalam waktu 1-7 hari kerja sejak klaim dibuat.
- Pengajuan kendala kerusakan dan kehilangan barang dapat diterima maksimal 3 hari sejak barang sampai di alamat/diterima/terkirim ke alamat.
12.Kerusakan Barang Selama Pengiriman
- Link Cargo Express tidak bertanggung jawab pada kondisi dan fungsi dalam paket barang yang dikirimkan.
- Pelanggan wajib menambahkan packing extra atau packing kayu untuk barang-barang bernilai lebih dari 10,000,000 (sepuluh juta rupiah) sebelum mengirimkan lewat Link Cargo Express.
- Barang elektronik HP, Laptop, Kulkas, TV dan perangkat elektronik dengan nilai > 1,000,000 wajib dipacking kayu/packing extra khusus.
- Kerusakan barang elektronik yang tidak dipacking kayu, tidak menjadi tanggung jawab Link Cargo Express.
13. Keamanan Akun
- Link Cargo Express tidak bertanggung jawab atas penggunaan kode diskon oleh pihak selain Member.
- Semua pembayaran menggunakan Payment Gateway sudah dilindungi dengan sistem keamanan pembayaran sesuai standar industri, segala bentuk kesalahan pembayaran yang dilakukan pelanggan bukan menjadi tanggung jawab Link Cargo Express.
- Jika pelanggan tidak bisa mengakses akun My Link, bisa segera meminta bantuan dengan menghubungi CS Support Link Cargo Express.
14. Pembatalan Pengiriman
- Pembatalan sebelum pengambilan/penjemputan barang, Pelanggan dapat membatalkan pengiriman barang sebelum barang diambil oleh Link Cargo Express tanpa dikenakan penalti.
- Pembatalan setelah barang diambil dan dipacking, apabila Pelanggan membatalkan pengiriman setelah barang diambil oleh Link Cargo Express dan telah dilakukan proses penjemputan dan packing, maka Pelanggan akan dikenakan penalti sebesar 30% dari total biaya pengiriman. Proses pengepakan dianggap telah dimulai ketika barang sudah di tangan pihak Link Cargo Express dan tim logistik telah melakukan tindakan penjemputan dan packing.
- Pembatalan setelah barang diproses pengiriman oleh gateway. Apabila Pelanggan membatalkan pengiriman setelah barang telah diproses pengiriman oleh gateway Link Cargo Express, maka Pelanggan akan dikenakan penalti sebesar 100% dari total biaya pengiriman. Proses pengiriman oleh gateway dianggap telah dimulai ketika barang telah masuk ke dalam sistem distribusi utama Link Cargo Express dan siap untuk dikirimkan ke alamat tujuan.
Keluhan dan Penyelesaian Komplain
- Jika pelanggan memiliki keluhan atau kendala terkait dengan layanan pengiriman Link Cargo Express, pelanggan dapat menghubungi tim CS Support kami untuk mendapatkan bantuan dan resolusi kendala.
- Jika ada kendala pengiriman, kami akan menempatkan 1 orang staff khusus untuk menangani dan melaporkan perkembangan isu ke pelanggan.
- Segala respon dan tindak lanjut setiap kendala akan disampaikan secara tertulis sesuai dengan rentang waktu resolusi yang disepakati.
- Segala kendala dan komplain membutuhkan waktu 1-7 hari kerja terhitung sejak laporan dibuat.
** Link Cargo Express (PT. Link Central Logistik) bisa memperbaharui, mengubah isi, menambahkan poin baru dalam Syarat & Ketentuan ini tanpa pemberitahuan kepada pengunjung atau pengguna layanan Link Cargo Express. Last Update: 19/09/2024